Tuesday, 21 May 2013

Makalah Tauhid Aliran ASY’ARIYAH

Kata Pengantar
Alhamdulillahirobbil’alamin,  segala  puji  dan  syukur  seraya  penyusun panjatkan ke hadirat Illahi Robbi yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Aliran Asy’ariyah dan Ajarannya”.
Penulisan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah  Ilmu Kalam.  Adapun  isi  dari  makalah  yaitu menjelaskan tentang latar belakang munculnya aliran Asy’ariyah, doktrin aliran Asy’ariyah, beberapa tokoh dan ajarannya.
Penyusun  berterima  kasih  kepada  Bapak Gusnam Haris, S.Ag,M.Ag selaku  dosen  mata  kuliah  Ilmu Kalam  yang  telah memberikan arahan serta bimbingan, dan juga kepada semua pihak yang telah membantu baik langsung maupun tidak langsung dalam penulisan makalah ini.Seperti pepatah mengatakan “Tak ada gading yang tak retak”. Penyusun menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna. Hal ini semata-mata karena keterbatasan kemampuan penyusun sendiri. Oleh karena itu, penyusun sangat mengharapkan saran dan kritik yang positif dan membangun dari semua pihak agar makalah ini menjadi lebih baik dan berdaya guna di masa yang akan datang.
Penyusun
                                                                                                    Kendal, 21 Mei 2013

DAFTAR ISI
Cover…………………………………………………………………………………………………………. ……… 1
Kata Pengantar………………………………………………………………………………………….. ……… 2
Daftar Isi……………………………………………………………………………………………………. ……… 3
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang…………………………………………………………………………………………. 4
1.2   Rumusan Masalah……………………………………………………………………………………… 4
BAB 2 PEMBAHASAN
2.1   Riwayat Singkat Asy’ariyah dan Karyanya………………………………………………….. 5
2.2   Doktrin Aliran Asy’ariyah………………………………………………………………………….. 6
2.3   Perkembangan Aliran Asy’ariyah………………………………………………………………… 7
2.4   Tokoh dan Ajarannya………………………………………………………………………………… 8
BAB 3 PENUTUP
3.1   Kesimpulan………………………………………………………………………………………………. 9
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………………………………. 10









BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Kata khalaf biasanya digunakan untuk merujuk para ulama setelah abad III H dengan karakteristik yang bertolak belakang dengan yang dimiliki salaf, diantaranya tentang penakwilan sifat-sifat Tuhan yang serupa dengan makhluk pada pengertian yang sesuai dengan ketinggian dan kesucian-Nya.
Adapun ungkapan ahlussunnah (sering juga disebut dengan sunni) dibedakan menjadi 2 pengertian, yaitu umum dan khusus. Sunni dalam pengertian umum adalah lawan kelompok Syiah. Sunni dalam pengertian khusus adalah mazhab yang berada dalam barisan Asy’ariyah dan merupakan lawan dari Mu’tazilah.
Selanjutnya, term ahlussunnah banyak dipakai setelah munculnya aliran Asy’ariyah. Menurut Harun Nasution bahwa aliran ahlussunnah muncul dari keberanian dan usaha Abu Al-Hasan Al-Asy’ari sekitar tahun.
1.2  Rumusan Masalah
1.2.1 Apa yang dimaksud dengan aliran Asy’ariyah  ?
1.2.2 Bagaimana pemikiran atau doktrin aliran Asy’ariyah?



BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Riwayat Singkat  Asy’ariyah dan Karyanya
Pendiri aliran ini adalah Al-Asy’ari. Nama lengkapnya adalah Abu Al-Hasan Ali bin Ismail Al-Asy’ari. Menurut beberapa riwayat, Al-Asy’ari lahir di Bashrah pada tahun 260H/875M. Ketika berusia lebih dari 40 tahun, ia hijrah ke kota Baghdad dan wafat di sana pada tahun 324H/935M.
Al-Asy’ari menganut faham Mu’tazilah pada sampai ia berusia 40 tahun, setelah itu, secara tiba-tiba ia mengumumkan di hadapan jamaah masjid Bashrah bahwa dirinya telah meninggalkan faham Mu’tazilah dan menunjukkan keburukan-keburukannya. Menurut Ibn Asakir, yang melatarbelakangi Al-Asy’ari meninggalkan faham Mu’tazilah adalah pengakuan Al-Asy’ari telah bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW sebanyak 3 kali, yaitu pada malam ke-10, ke-20, dan ke-30 bulan Ramadhan. Dalam tiga mimpinya itu, Rasulullah memperingatkannya agar meninggalkan faham Mu’tazilah dan membela faham yang telah di riwayatkan dari beliau.[1] Sebab yang lainnya yaitu karena adanya perpecahan yang dialami kaum muslimin yang bisa menghacurkan mereka kalau tidak segera diakhiri. Ia sangat mengkhawatirkan al quran dan hadits menjadi korban paham-paham Mu’tazilah, yang menurut pendapatnya tidak dapat dibenarkan, karena didasarkan atas akal fikiran. Asy’ari karenanya mengambil jalan tengah antara golongan rasionalisme dan golongan tekstualis dan ternyata jalan tersebut dapat diterima oleh mayoritas kaum muslimin.[2]
Kitab-kitabnya yang terkenal:
Maqalat al-islamiyyin: kepercayaan golongan islam dan merupakan sumber terpenting karena ketelitian dan kejujuran pengarangnya.
Al-Ibanah an Ushulud Diniyah: keterangan tentang dasar-dasar agama.
Al-Luma: kitab ini dimaksudkan untuk membantah lawan-lawannya dalam beberapa persoalan ilmu kalam.[3]
2.2  Pemikiran atau Doktrin Aliran Asy’ariyah
  1. 1.      Tuhan dan sifat-sifatnya
Al-Asy’ari mengakui sifat-sifat Tuhan yang sesuai dengan Zat Tuhan sendiri, dan sama sekali tidak menyerupai sifat-sifat makhluk. Tuhan mendengar, tidak seperti kita mendengar dan seterusnya.
  1. 2.      Kebebasan dalam berkehendak (free will)
Al-Asy’ari menyatakan bahwa manusia tidak berkuasa menciptakan sesuatu, tetapi berkuasa untuk memperoleh (kasb) sesuatu perbuatan.
  1. 3.      Akal dan wahyu dan kriteria baik dan buruk
Al-Asy’ari mengutamakan wahyu, sementara Mu’tazilah mengutamakan akal. Al-Asy’ari berpendapat bahwa baik dan buruk harus berdasarkan pada wahyu, sedangkan Mu’tazilah mendasarkan pada akal.
  1. 4.      Qodimnya Al-quran
Al-Asy’ari mengatakan bahwa al quran terdiri atas kata-kata, huruf dan bunyi, semua itu tidak melekat pada esensi Allah dan karenanyatidak qadim.
  1. 5.      Melihat Allah
Al-Asy’ari yakin bahwa Allah dapat dilihat di akhirat, tetapi tidak dapat digambarkan. Kemungkinan ru’yat dapat terjadi manakala Allah sendiri yang menyebabkan dapat dilihat atau bilamana Ia menciptakan kemampuan penglihatan manusia untuk melihat-Nya.
  1. 6.      Keadilan
Menurutnya, Allah tidak memiliki keharusan apapun karena Ia adalah Penguasa Mutlak. Dengan demikian, jelaslah bahwa Mu’tazilah mengartikan keadilan dari visi manusia yang memiliki dirinya, sedangkan Al-Asy’ari dari visi bahwa Allah adalah pemilik mutlak.
  1. 7.      Kedudukan orang yang berdosa
Al-Asy’ari berpendapat bahwa mukmin yang berbuat dosa adalah mukmin yang fasik, sebab iman tidak mungkin hilang karena dosa selain kufr.[4]

2.3 Perkembangan Aliran Asy’ariyah
Pendirian Al-Asy’ari merupakan tali penghubung antara dua aliran, yaitu aliran lama (tekstualis) dan aliran baru (rasionalis). Akan tetapi sesudah wafatnya, aliran ini mengalami perubahan yang cepat.  Karena pada akhirnya, aliran Asy’ariyah lebih condong kepada segi akal fikiran murni, mendahulukannya sebelum nas dan memberinya tempat yang luas daripada tempat untuk nas-nas itu sendiri.
Jadi aliran Asy’ariyah pada akhir perkembangannya mendekati aliran Mu’tazilah, karena kedua aliran tersebut memegangi prinsip yang mengatakan bahwa “ Pengetahuan yang didasarkan atas unsur-unsur naqli tidak memberikan keyakinan kepada kita.” Mereka memandang bahwa pengetahuan tersebut tidak mempunyai kebenaran mutlak (absolut), kecuali dalam hal-hal yang bertalian dengan amalan-amalan syara’, sedang untuk masalah aqidah hanya bisa mencapai nilai sekunder. Karena itu hanya dalil-dalil akal fikiran saja yang memungkinkan kita mencapai keyakinan.[5]

2.4 Ajaran dan Tokoh Alirannya
  1. 1.      Al-Baqillani (wafat 403H/1013M)
Nama lengkapnya Abu Bakar Muhammad bin Tayyib. Ajarannya yaitu alam hanyalah kumpulan jauhar (benda tunggal-atom) yaitu bagian yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Akan tetapi, jauhar tersebut baru ada sesudah dibubuhi dengan ‘aradh (semua benda mengalami pergantian keadaan yang bermacam-macam, berupa bentuk, warna, gerakan, berkembang dan perubahan-perubahan yang lain).
  1. 2.      Al-Juwaini (419-478H/1028-1085M)
Nama lengkapnya Abdul Ma’ali bin Abdillah. Ajarannya yaitu kewajiban seorang muslim dewasa ialah mengadakan penyelidikan akal pikiran yang bisa membawa kepada keyakinan bahwa alam semesta ini baru, dan kalau baru tentu ada yang menjadikannya. Itulah dia Tuhan.
  1. 3.      Al-Ghazali (450-505H)
Nama lengkapnya Abu Hamid Muhammad bin Ahmad Al-Ghazali. Ajarannya yaitu perbedaan dalam soal-soal yang kecil baik yang bertalian dengan soal-soal aqidah atau amalan, bahkan pengingkaran terhadap soal khilafat yang sudah di sepakati oleh kaum muslimin tidak boleh dijadikan alasan untuk mengafirkan orang lain.
  1. 4.      As-Sanusi (833-895H/1427-1490M)
Nama lengkapnya Abu Abdillah Muhammad bin Yusuf. Ajarannya yaitu membahas sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah serta 4 sifat wajib dan mustahil Rasul.

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan

Asy’ariyah adalah golongan yang mengambil jalan tengah antara golongan rasionalisme dan golongan tekstualis. Pemikiran atau doktrin aliran asy’ariyah antara lain:
Tuhan dan sifat-sifatnya
Kebebasan dalam berkehendak (free will)
Akal dan wahyu dan kriteria baik dan buruk
Qodimnya Al-quran
Melihat Allah
Keadilan
Kedudukan orang yang berdosa

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, Rosihon. 2001. Ilmu Kalam. Bandung: Pustaka Setia
Hanafi, Ahmad. 1993. Theologi Islam (ilmu kalam). Jakarta: Bulan Bintang
Hanafi, Ahmad. 1995. Pengantar Theologi Islam. Jakarta: Al-Husna Zikra


[1]  Anwar, Rosihon. 2001. Ilmu Kalam. Bandung: Pustaka Setia hal 120
[2]  Hanafi, Ahmad. 1993. Theologi Islam (ilmu kalam). Jakarta: Bulan Bintang hal 59
[3]  Ibid hal 59-60
[4] Anwar, Rosihon. 2001. Ilmu Kalam. Bandung: Pustaka Setia hal 121-124
[5]  Hanafi, Ahmad. 1995. Pengantar Theologi Islam. Jakarta: Al-Husna Zikra hal 122-123
http://www.anasunni.wordpress.com